Minggu, 11 Januari 2009

MENGHAPUS BATAS MANUSIA DENGAN PC DI 2020

Sejak manusia mulai ber-interaksi dengan komputer melalui
mouse 20 tahun yang lalu, sebagian besar human computer interface (HCI) tidak ber-evolusi. Akan tetapi akhir - akhir ini, dengan mulai menjamurnya alat - alat portabel, HCI mulai berubah. Di bulan Maret 2008, Microsoft mengundang 45 ilmuwan terkemuka untuk mendiskusikan di mana HCI akan berada di tahun 2020.

Diskusi ini berkesimpulan bahwa suara dan gerakan tubuh akan memegang peran penting di HCI masa depan, bahkan menyimpulkan kalau gerakan syaraf akan mulai dipakai untuk mengontrol komputer, terutama untuk orang - orang cacat. Laporan ini juga memprediksi bahwa konektivitas yang selalu ada memungkinkan komputer untuk berperan sebagai pendukung ingatan manusia, dan saat dikombinasikan dengan kinerja yang besar, memungkinkan mereka untuk membantu pemikiran manusia.

Komputer - komputer saat ini sudah mulai meng-identifikasi kita melalui RFID dan identifikasi wajah, melacak melalui GPS dan CCTV. Pada intinya, saat ini kita sudah mulai ber-interaksi dengan sistem komputer setiap kali mengunjungi bandara.

Para ahli memprediksi bahwa tren ini akan bertumbuh semakin cepat dan meluas, menyebabkan masalah privasi yang serius. Dalam beberapa kasus, seperti peralatan medis yang ditanam dalam tubuh manusia, perbatasan antara manusia dan komputer sudah hampir hilang, dengan adanya alat yang dapat memonitor dan memanipulasi detak jantung dan jantung itu sendiri.

Untuk hasil diskusi lengkapnya, laporan yang merangkum kesimpulan diskusi ini telah disediakan untuk dapat diunduh publik di situs riset Microsoft.

1 komentar:

din23 mengatakan...

D I N U R
Bagus