Minggu, 11 Januari 2009

PONSEL DIGUNAKAN SEBAGAI MOUSE 3D

Berkat sebuah prototipe aplikasi yang dikembangkan oleh para ilmuwan di Inggris, sebuah ponsel dengan kamera kini dapat digunakan untuk mengontrol sebuah komputer seperti layaknya sebuah mouse (tetikus) tiga dimensi. Perangkat lunak ini memungkinkan anda untuk memanipulasi obyek di layar hanya dengan menggerakkan ponsel tersebut di depan layar, mirip dengan kontroler Wii yang sensitif terhadap gerakan.

Nick Pears yang membuat sistem tersebut bersama Patrik Olivier dan Dan Jackson mengatakan bahwa hal ini "terasa seperti sebuah cara berinteraksi dan bertukar data yang jauh lebih natural. Kebanyakan orang yang melihat hal ini merasa bahwa hal ini sangat menarik."




Pears mengatakan bahwa prototipe yang saat ini dapat mengontrol sebuah PC hanyalah langkah pertama. "Penemuan ini benar - benar berguna saat anda sadar bahwa tampilan besar modern sebenarnya hanyalah komputer dengan layar yang sangat besar," lanjut Pears, sebagai contoh, aplikasi ini memungkinkan pemakai untuk berinteraksi dengan iklan video.

Untuk mengontrol sebuah layar, pemakai hanya perlu menunjuk kamera mereka ke layar tersebut, ponsel itu kemudian terhubung ke komputer yang mengoperasikan layar tersebut melalui Bluetooth.

Dimensi Extra

Saat sebuah koneksi telah terhubung, komputer itu tahu persis ke arah mana ponsel tersebut menunjuk karena komputer itu menempatkan sebuah target untuk referensi di atas video utama dan membandingkan hal ini ke gambar ponsel tersebut.

Komputer kemudian menerjemahkan pegerakan dan rotasi ponsel dalam tiga dimensi menjadi aksi di kursor di atas layar. Ponsel dapat digunakan sebagai sbeuah tetikus 3D, berinteraksi dengan obyek dengan menekan tombol di ponsel atau memutar ponsel tersebut.

Dalam pengujian, para pemakai diminta untuk mengubah ukuran gambar di layar. Mereka memilih gambar itu dengan menekan sebuah tombol, kemudian memanipulasi ukuran gambar dengan menggerakan atau memutar ponsel. Menggerakkan ponsel lebih mendekati layar memperbesar foto sedangkan menjauhkan ponsel dari layar memperkecil ukuran gambar.

Interaksi alami

"Saya senang teknologi ini karena menghubungkan telepon dengan komputer masih sangat sulit saat ini," komentar Mark Dunlop yang meneliti interaksi pemakai dengan ponsel di sebuah perguruan tinggi di Skotlandia. "Anda seharusnya dapat melihat segala sesuatu yang ada di atas layar dan langsung mengontrol benda tersebut."

Walaupun ponsel sudah banyak dipakai, akan tetapi pemakai baru mulai menggunakan ponsel untuk hal selain menelepon dan menerima pesan dan Dunlop berkata bahwa mereka "masih mencari cara - cara lain yang lebih alami untuk berinteraksi dengan alat - alat lain."

7 komentar:

komputereyza mengatakan...

mouse hp 3D?

ini makin membuat imk lebih interaktif!

Hafni Sri RL mengatakan...

bagus ya artikelnya
ntar jelasin lg ke gw ya
oke

pramono tri suharso mengatakan...

kenalin nama gua mono ,katanya gua disuruh komen blog dia,,komen : " artikelnya keren, tumben tuh anak ngikutin perkembangan IT,yah ada kemajuan, gitu dunk may biar gak katro2 amat, untung tulisannya ngetiknya pake komputer, coba kalo manual, cak adut deh artikelnya, tulisannya mayang kan kayak mie kriting wuakakakkkk....",,ulangtahun gua beliin mouse yang ntu, gua atu lita atu

din23 mengatakan...

JELEK.sama kyk orgny

hahahahaha

D I N U R

Anonim mengatakan...

wah makin canggih aja teknologi sekarang,bagus mayang artikelnya

Anonim mengatakan...

Hemf... makin canggih aja manusia zaman sekarang mainannya...

zaman gue dulu belum ada..

Hehehea

Kesan nya tua bener..

Pengetahuan Untuk Semua mengatakan...

mouse HP 3D???


buihhh, mantabhhhh !!!