Minggu, 11 Januari 2009

MOUSE MULTI TOUCH DARI APPLE



Banyak pihak yang mengatakan kalau Mighty Mouse (MM) generasi pertama Apple yang debut pada tanggal 2 Agustus 2005 memiliki banyak kekurangan. Walaupun pada saat dikeluarkan menghadirkan beberapa konsep menarik seperti scroll ball 360 derajat yang dapat diklik dan bagian atas yang sensitif terhadap tekanan, teknologi ini tetap saja tidak dapat menandingi teknologi multi touch yang dimiliki iPhone atau trackpad MacBook 2008 hari ini. Tetapi sebentar lagi hal ini akan berubah — Apple terlihat telah mengajukan berbagai permintaan paten dan desain di bawah ini.


MM hari ini terbuat dari bahan plastik putih, bahan yang banyak digunakan dalam produk-produk Apple lain seperti MacBook tahun lalu. Para pengguna MM sebelumnya pasti sangat setuju kalau plastik putih tersebut sering menyebabkan kotoran untuk mengendap bagian ujung-ujungnya serta menghambat laju perputaran bola, kecuali jika dibersihkan secara rutin dan teliti. Karena hal inilah, Apple juga mengganti bahan MM menjadi aluminium mirip dengan berbagai produk Apple lainnya.
Teknologi sentuh Apple telah berkembang pesat sejak MM pertama kali debut. Sebuah aplikasi paten tahun 2007, merincikan "sebuah konsep yang menggabungkan deteksi penempatan dan multi touch untuk menentukan aksi pengguna". Pada intinya, kemampuan ini bisa menjadi sebuah area di mana pengguna dapat melakukan scroll dan pinch hanya dengan menggeser jari pada permukaan alat.

Tetikus tersebut juga memiliki kemampuan untuk memproses berbagai macam gerakan dan gerakan tangan yang diaplikasikan pada berbagai fungsi komputer. Sebagai contoh: gerakan tangan pada tetikus bisa akan bisa memberi perintah untuk mengubah ukuran jendela, menggulung tampilan ke atas/bawah, memutar obyek, fokus dekat/jauh, menghapus dan lain-lain. Selain itu, paten juga merincikan kemampuan untuk menampilkan dan memanipulasi interface kendali virtual, seperti tombol pengeras suara, kenop, sliders, pegangan pintu, dan lain-lain untuk memfasilitasi interaksi orang dengan sistem komputer.


Tampilan



Dari segi desain, Mighty Mouse terbaru memiliki tampilan yang lebih manis, agak lebih lancip di bagian ujungnya dan kontur yang lebih baik sehingga lebih nyaman di tangan. Badan tetikus yang rendah sangat mendukung fitur multi-touch, lalu di bagian depan dari Mighty Mouse terbaru dilapisi kaca untuk menangkap gerakan jari.(MacBlogz)

2 komentar:

ikiLho.NeT malita mengatakan...

wuiidih keren tuwh mouse..beliin gw ya atu haghag =D

indahdonkz mengatakan...

mouse yang menarik.. brp tu may??? i-mac gw perlu ni hehehehe